Bina Desa

0
47

Masyarakat adalah salahsatu unsur terpenting dalam sebuah Negara. Yangmana pada masing-masing masyarakat disebuah Negara  terdapat berbagaimacam adat profesi atau pekerjaan sehari-hari yang berbeda-beda. Seperti contohnya padamasyarakat tradisional yangkerap kali mempertahankan adat istiadat yang turun termurun dari leluhur atau nenek moyangnya.

Sebagai sesama umat Tuhan YME sudah sewajibnya saling membantu dengan sesama. Untuk mewujudnkan TriDharma Perguruan Tinggi, yang salah satunya adalah pengabdian masyarakat,mahasiswa diharapkan agar mampumemberikan kontribusi melalui kegiatan BinaDesa yang diharapkan dapat memberikan kesadaran terhadapkondisi masyarakat sekitar.

Kegiatan ini merupakanhasil kerjasama dari empat program studi jurusan Teknik BangunanKapal yang bertujuan untuk membantu meningkatkan SDMmasyarakat desa. Obyek dari program ini yaitu DusunPucukan, Desa Gebang, Kec. Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Dimana desa tersebutmerupakan salah satu kampung terpencil di tengah beberapa tambak ikan danpesisir pantai yang juga jauh dari keramaian kota. Kegiatan ini diikuti oleh 13mahasiswa Manajemen Bisnis bersama sekitar 40 panitia yang lain.Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 10 hingga 11 November 2018. Rangkaian kegitan dalam acara ini yaitu pada hari Sabtu diadakan pembukaan, diskusi bersama warga, mengajar dan mengaji untuk anak-anak, do’abersama, acara hiburan dan nonton bareng bersama warga. Dilanjutkan pada hariminggu yang dimulai dengan acara bersih desa, merenovasikamar mandi umum, lomba mewarnai, menghias dan membersihkan sekolah.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat membantu warga Dusun Pucukan Sidoarjo agar dapat mengembangkan daerahnyamenjadi lebih maju lagi serta meningkatkan pendidikan generasi muda di daerahtersebut. Kegiatan ini dilakukan untuk melatih mahasiswa terjun langsung kemasyarakat agar mengerti dan melihat secara langsung permasalahan-permasalahanyang terjadi. Sehingga dapat tumbuh rasa empati dan simpati terhadapmasyarakat sekitar yang juga akan meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap sesama manusia.

SHARE
Previous articleWorkshop POINTER
Next articleEDUCHILD

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here